Gambar saya

Sabtu, 25 September 2010

Definisi blog walking

Pertanyaan : Apa definisi dan
manfaat blogwalking bagi anda?

Hmmm.. Kalau menurut saya,
definisi blogwalking adalah
aktifitas seseorang (umumnya
blogger) mengunjungi blog lain.

Mengapa saya mengatakan
“ seseorang” dan bukan
langsung menyebut “blogger”,

karena orang yang tidak
mempunyai blog pun bisa
berkunjung dari satu blog ke
blog lain sambil meninggalkan
jejak komentar.

Ya, setiap orang
mungkin pun memiliki
pengertian berbeda tentang
definisi blogwalking.

Aktifitas blogwalking memang
tidak bisa dipisahkan dari
seorang blogger, ngeblog tanpa
blogwalking rasanya mungkin
kurang mantap.

Bahkan
menurut saya, aktifitas
blogwalking merupakan salah
satu kewajiban bagi seorang
blogger yang aktif di dunia blog,
khususnya untuk blogger
pemula.

Mungkin jika anda
seorang blogger pemula yang
memiliki tulisan yang bagus,
bolehlah blog anda menjadi
terkenal tanpa blogwalking
sama sekali.

Lalu, apa manfaat blogwalking?
Blogwalking tentu saja memiliki
manfaat.

Manfaat blogwalking
ada banyak sekali, berikut ini
beberapa manfaat blogwalking
yang saya rasakan selama ini :

1. Memperkenalkan diri (blog)
kita kepada blogger lain,
dengan syarat kita
meninggalkan komentar.

2. Jejak komentar juga
memiliki manfaat untuk
kunjungan balik, baik dari
pemilik blog atau pun
pembaca lainnya.

3. Menambah wawasan dari
apa yang kita baca.

4. Mengetahui topik apa yang
sedang ramai dibahas/
ditulis blogger lainnya.

5. Mendapatkan ide untuk
tulisan di blog sendiri.
Dan masih banyak lagi manfaat
blogwalking.

Saya yakin anda
juga sudah merasakan manfaat
blogwalking bukan? Saya sendiri
ketika menemukan blog yang
bagus menurut saya (karena
bagus atau tidaknya blog itu
relatif), maka saya akan
berlangganan RSS blog tersebut,

sehingga saya bisa blogwalking
secara teratur ketika ada tulisan
baru di blog tersebut.

Sumber: imadewira.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar